SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY
TWO
STAY TWO STRAY
Model ini dikembangkan oleh Spencer
Kagan. Two Stay Two Stray bertujuan agar peserta didik saling bekerjasama,
bertanggungjawab, saling membantu menyelesaikan masalah dan mendorong peserta
bertanya, mencari informasi, menjelaskan, menyimak penjelasan antar pesera
didik.
TAHAP-TAHAP
TWO STAY TWO STRAY
1. PENDAHULUAN
2. KEGIATAN
INTI
a. Pembagian
kelompok
b. Pemberian
tugas
c. Diskusi
kelompok
d. Bertamu
dan berbagi informasi kepada kelompok lain
e. Kembali
ke kelompok dan membagi informasi kepada anggota kelompoknya
f. Mencocokkan
hasil sharing dan membahas bersama kelompok
g. Memberikan
kesimpulan
3. PENUTUP
PENJABARAN
1.
PENDAHULUAN
a.
Siswa
mengawali kegiatan belajar dengan berdoa dan memberi salam kepada guru,
dipimpin oleh siswa yang ditunjuk guru.
Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa
kemudian dilanjutkan dengan membalas salam dari siswa.
-
Siswa ditunjuk secara bergantian setiap
harinya untuk memimpin doa agar memupuk jiwa rohani dan kepemimpinan setiap
siswa.
b.
Siswa
dijelaskan oleh guru mengenai tujuan pembelajaran hari ini, yaitu mengenai
materi phytagoras.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini secara
lisan. Pembelajaran kali ini akan menekankan pada pemahaman tentang materi
phytagoras khususnya pembuktian teorema phytagoras.
TARGET:
i.
Siswa memimpin doa dan salam agar dapat
memupuk jiwa rohani dan kepemimpinannya.
ii.
Siswa mengetahui tujuan pembelajaran
hari ini.
2. KEGIATAN
INTI
A. PEMBAGIAN
KELOMPOK
a.
Siswa
diberi pendekatan terlebih dahulu mengenai materi phytagoras dengan sebuah
masalah konkrit dalam kehidupan sehari-hari. Masalah tersebut adalah menghitung
panjang tangga yang disandarkan pada tembok.

Guru memberikan contoh masalah konkrit dalam kehidupan
sehari-hari yaitu menghitung panjang tangga yang disandarkan pada tembok.
Gambar tersebut ditampilkan di papan tulis dan guru memaparkan masalah tersebut
secara lisan.
b.
Siswa
bersama-sama dengan guru memecahkan masalah yang diberikan dengan menggunakan
teorema phytagoras.
Dimisalkan bahwa panjang a = 3m, b = 4m, maka
panjang c dengan dihitung menggunakan rumus teorema phytagoras hasilnya adalah
5m. Siswa dan guru bekerjasama menyelesaikan masalah tersebut dengan
mengerjakannya di papan tulis.

c.
Siswa
diberikan 2 contoh soal yang dibahas bersama-sama.

Guru memberikan contoh-contoh soal phytagoras yang
dibahas bersama-sama agar siswa semakin paham dengan penggunaan teorema
phytagoras.
d.
Siswa
membentuk kelompok yang telah ditentukan oleh guru dengan cara berhitung secara
urut dari 1 sampai 6, dari barisan depan hingga barisan belakang. Masing-masing
kelompok terdiri dari 4 orang.
Setelah tahu anggota kelompok masing-masing. Siswa
diarahkan untuk berkumpul per-kelompok agar dapat menerima lembar kerja siswa
(LKS) yang telah disiapkan oleh guru.
TARGET:
i.
Siswa dapat memahami materi phytagoras
melalui pendekatan konkret sehari-hari.
ii.
Siswa dapat mengerjakan soal berkaitan
dengan menentukan panjang sisi segitiga menggunakan teorema phytagoras.
iii.
Siswa dibagi dalam bentuk kelompok untuk
menerima LKS
B. PEMBAGIAN
TUGAS
a.
Siswa
diberi penjelasan oleh guru mengenai langkah-langkah pengerjaan tugas kelompok.
Guru menjelaskan bahwa teorema phytagoras dapat dibuktikan
dengan berbagai macam cara. Dalam kegiatan belajar ini, siswa diajak untuk
membuktikan teorema phytagoras dengan 3 cara.
-
Pembuktian dengan menggunakan luas
trapesium.

-
Pembuktian dengan menggunakan diagram
phytagoras

-
Pembuktian dengan menggunakan luas persegi

Target:
-
Siswa mengerti bahwa teorema phytagoras
dapat dibuktikan melalui berbagai cara.
-
Siswa diberi penjelasan bahwa teorema
phytagoras dapat dibuktikan menggunakan luas trapesium, diagram phytagoras, dan
luas persegi.
C. DISKUSI
KELOMPOK
a.
Siswa
mengerjakan lembar kerja siswa yang diberikan oleh guru dalam bentuk diskusi
kelompok.
Tiap kelompok diminta untuk dapat membuktikan
teorema phytagoras dengan tiga cara tersebut.
-
Kelompok 1 = luas trapesium
-
Kelompok 2 = diagram phytagoras
-
Kelompok 3 = luas persegi
-
Kelompok 4 = luas trapesium
-
Kelompok 5 = diagram phytagoras
-
Kelompok 6 = luas persegi
TARGET:
i.
Siswa mengerjakan LKS dengan berdiskusi
bersama teman-teman satu kelompoknya.
D. BERTAMU
DAN BERBAGI INFORMASI
a.
Siswa
dalam tiap kelompok menentukan 2 orang yang akan tetap duduk dan 2 orang yang
akan bertamu ke kelompok lain.
Guru menjelaskan kepada siswa bahwa akan ada dua
diantara anggita kelompok yang harus bertamu ke kelompok lain untuk bertukar
informasi tentang hasil diskusi. Saat siswa mendengar instruksi mulai dari
guru, maka 2 siswa yang bertamu langsung bertamu
ke kelompok lain
b.
2 siswa yang bertamu dan 2 siswa yang tetap duduk
saling bertukar informasi atau menjelaskan
cara mereka memecahkan masalah yang diberikan.
Setelah 2 siswa
yang bertamu tersebut saling bertukar informasi, maka mereka dapat kembali ke
kelompoknya masing-masing.
TARGET:
i.
Siswa
yang bertamu dapat mengetahui informasi tentang pembuktian teorema phytagoras
dari kelompok lain.
E. KEMBALI
KE KELOMPOK DAN MEMBAGI INFORMASI KEPADA ANGGOTA KELOMPOKNYA
a.
Setiap
siswa kembali ke kelompok
Setelah siswa
yang bertugas bertamu dari kelompok lain siswa dapat kembali ke kelompoknya
masing masing.
b.
Siswa
yang selesai bertamu membagikan informasi kepada anggota kelompoknya
Siswa yang selesai bertamu mendiskusikan lagi
informasi atau penjelasan yang telah didapatkan dari kelompok yang tadi mereka
datangi.
TARGET:
i.
Setiap siswa dapat mengetahui informasi
dari kelompok lainnya tentang pembuktian teorema phytagoras yang berbeda beda.
F. MENCOCOKKAN
HASIL SHARING DAN MEMBAHAS BERSAMA KELOMPOK
a.
Setiap
siswa bersama kelompok mencocokkan hasil sharing
Siswa bersama-sama dengan guru membahas kembali
pembuktian teorema phytagoras dengan 3 cara yang telah dibahas oleh tiap
kelompok
b.
Siswa
diberikan kesempatan untuk menanyakan materi yang belum jelas.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya.
TARGET :
i.
Siswa dapat memahami pembuktian teorema
phytagoras dengan 3 cara yaitu pembuktian teorema phytagoras dengan luas
trapesium, diagram phytagoras, dan persegi.
G. MEMBERIKAN
KESIMPULAN
a.
Siswa
memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas
Guru mengarahkan pada siswa untuk dapat memberikan
kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas. Siswa yang ingin memberikan
pendapat dapat mengangkat tangan dan menyampaikannya secara lisan.
TARGET :
i.
Siswa dapat menyimpulkan materi dari
hasil diskusi yang didapat dalam kelompok.
3. PENUTUP
a.
Siswa
bersama dengan guru mengakhiri kegiatan belajar dengan berdoa dan mengucap
salam.
Siswa yang telah memimpin doa di awal pelajaran
diminta untuk memimpin doa di akhir pelajaran. Guru menutup pembelajaran dengan
mengucapkan salam yang dibalas oleh siswa.
TARGET :
i.
Siswa dapat membiasakan diri jika
kegiatan diawali dengan doa, maka diakhiri juga dengan doa.
0 comments:
Post a Comment